Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masa Mahsyar

Sri Suyanta Harsa
Muhasabah 19 Shafar 1443

Masa Mahsyar 
Saudaraku, setelah dibangkitkan dari alam kubur dengan aneka perwujudan sesuai dengan perangainya saat di dunia. Dslam hal ini, setidaknya disebut dalam Kitab Tanbihul Ghafilin bi Ahaditsi Sayyidil Anbiya’ wal Mursalin (peringatan bagi orang-orang yang lalai dengan hadits-hadits dari Penghulu para Nabi dan Rasul) merupakan buah karya Abul Laits al-Samarqandi yang dikenal dengan julukan Imamul Huda. 
Di antaranya berisi penjelasan ketika manusia dibangkitkan dari kubur dan dikumpulkan di padang mahsyar. Setidaknya terdapat 12 golongan umat manusia dengan keadaan berbeda-beda tergantung amal perbuatannya.

1. Tidak memiliki tangan dan kaki. Mereka saat hidup di dunia adalah orang-orang yang suka menyakiti hati tetangganya (baca saudara sekantor) baik perkataan maupun tingkah lakunya, sehingga tetangganya tidak nyaman jika bertemu dengannya.

2. Menyerupai babi. Inilah  orang-orang yang saat hifup di dunia melalai-lalaikan shalatnya, padahal suara adzan telah memanggil dengan lantangnya, bahkan teman mereka pun telah mengingatkan, namun mereka tetap mengacuhkannya.

3. Perutnya seperti gunung, dipenuhi oleh ular dan hewan-hewan berbisa lainnya seperti kalajengking dan sejenisnya.  Ini adalah orang-orang yang enggan berzakat (apalagi bersedekah, berbagi lainnya) dan melakukan berbagai cara untuk tidak mengeluarkannya.

4.  Mulutnya mengalirkan darah.  Ini adalah orang-orang yang senang berbohong dan licik dalam berjual beli. Mereka rela berbohong - dalam segala urusannya - demi keuntungan dagangannya tanpa memikirkan risikonya.

5.  Kembung, badan mereka mengeluarkan bau yang sangat busuk, bahkan lebih busuk dari bangkai. Mereka ini adalah golongan orang yang gemar melakukan maksiat secara sembunyi-sembunyi karena takut kepada manusia, tapi tidak takut kepada Allah.

6. Dalam keadaan dipotong tenggorokan dan pundaknya. Mereka adalah golongan orang yang senang bersaksi dengan kesaksian palsu. Padahal seorang saksi akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak atas kesaksiannya.

7. Tidak mempunyai lidah, dari dalam mulutnya mengalir nanah dan darah. Mereka adalah orang-orang yang enggan memberikan kesaksian (syahadat).

8. Menjungkir-balikkan kepala mereka, dengan posisi kaki mereka ada di atas kepala mereka. Mereka adalah golongan orang-orang yang sering berbuat zina kemudian mati dalam keadaan belum bertaubat.

9. Melotot matanya, dan perutnya dipenuhi oleh api. Mereka adalah orang-orang yang senang mengambil hak dan memakan harta anak yatim secara zalim, bahkan tanpa merasa bersalah melakukannya.

10. Badannya penuh dengan penyakit kulit. Mereka adalah golongan orang yang durhaka kepada orang tua, enggan mengerjakan sesuatu yang diperintahkan oleh orang tua, bahkan sampai menyakiti hati orang tua.

11.  Buta hati dan matanya, gigi mereka seperti tanduk sapi, bibirnya menjuntai sampai ke dada, lidahnya menjuntai sampai ke perut, bahkan paha, dan juga dari perutnya keluar kotoran. Mereka adalah golongan orang yang gemar meminum khamr/arak (minuman keras) tanpa memikirkan efek dari meminum arak tersebut.

12. Golongan orang-orang yang dibangkitkan dari alam kubur dan dikumpulkan di Maksyar dalam keadaan wajahnya terang seperti bulan malam purnama, dan mereka melewati jembatan sirathal mustaqim dengan cepat secepat kilat yang menyambar. Nah di golongan inilah insuaallah kita semua, loen tuan, bapak ibu saudaraku semua. 

Kita bersama keluarga dan orang-orang beriman lainnya yang sat hidup.dii dunia selalu istikamah dalam iman dan Islam, gemar beramal shaleh dan berbuat kebaikan lainnya, berusaha sekuat mungkin menjauhi maksiat, menjaga shalat lima waktu (syukur-syukur sudah berdzikir di masjid atau di atas sajadah jauuuh sebelum adzan berkumandang), dan saat wafat mengakhiri kalam dengan laa ilaha illallah. 

Setelah dibangkit dari alam kubur semua manusia di arak dan berkumpul di padang mahsyar untuk menerima putusan tentang masing-masing diri; tentang cataan amal masing-masing orang, tentang surga atsu neraka yang sudah menanti. Meskipun sejatinya dari ilustrasi keadaan saat dibangkit saja, masing-masing duri sudah mengetahui posisinya  di mana. Dari 12 golongan yang dibangkitkan dari kubur di atas, maka 11 di antaranya yang mengenaskan, sementara golongan ke 12 adalah golongan yang paling buanyak karena insyaallah semua kita di sini bersama orang-orang Islam dan iman serta beramal shalih lainnya memperoleh kebahagiaan abadi. Aamiin ya Rabb.

Okeh karena itu selagi masih di dunia, sebelum Hari Berbangkit tiba dan Hari Padang Mahsyar terjadi, kini dan seterusnya mari bangkit dari tidur nyenyak kita; mari bangun dari peraduan; mari menjemput kemenangan; mari menjemput karunia Allah; mari ambil air sembahyang; mari shalat malam, dzikir, tilawah Qur'an,  bermunajat kepada Allah memohon ampunan dan memohon dibangkut dari alam kubur dalam kondisi cerah bercahaya bersama keluarga, orang-orang beriman, para guru kita, para ulama dan para nabi di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad saw.