Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidur Sujud, Antara Perjuangan dan Kejujuran Yang Pahit

Tidur Sujud, Antara Perjuangan dan Kejujuran Yang Pahit

Terpaksa saya ungkapkan sebuah kejujuran yang pahit dalam tulisan saya kali ini. Anak bungsu saya jazaul ihsan kadang-kadang tidur model sujud, kalau di pindahkan dia akan bangun dan menangis. Tidurnya terganggu. Sepertinya tidur model sujud sangat dinikmati anak saya ini.

Saya sangat sering ditanya istri, kenapa ketiga anak kita kadang-kadang tidur model sujud?. Saya diam saja. Tidak pernah saya jawab. Tetapi dalam hati saya jawab "mereka mengikuti saya" tapi tidak setiap malam begini. Saya berusaha mengikuti posisi tidur nabi. Memang benar pepatah buah tidak jauh jatuh dari pohonnya.

Baiklah, kalau kadang saya tertidur begini. Jujur saya tidak sadar dan tidak pernah berencana tidur begini. Namanya saja tidur. Menurut sunnah nabi tidur yang benar adalah dengan posisi tidur sesuai dengan HR bukhari dan Muslim yang menjelaskan apabila hendaknya seseorang berbaring dengan lambung kanan atau miring ke kanan. baiknya untuk menyempurnakan tidur dengan wudhu dan sholat terlebih dahulu. Dan juga Meletakkan tangan di bawah pipi. Hal ini terdapat didalam HR abu Dawud, At Tirmidzi dan Ibnu Majah dimana, apabila Nabi Muhammad SAW tidur dengan meletakkan tangan kanannya tepat dibawah pipi kanannya.

Foto saya di bawah ini, tidur model sujud, di foto salah satu guru sekolah di kantor saya. Saat itu 7 hari 7 malam saya tidur disekolah bersama team yang saya bentuk dalam persiapan lomba budaya mutu yang gagas kemdikbud RI. Sangat melelahkan, karena melengkapi fortopolio super lengkap. Dokomen yang banyak membuat saya dan teman guru-guru terpaksa lembur, apalagi kami lolos ke tingkat nasional. Perjuangan ini tidak sia-sia. Karena SDIT Muhammadiyah Bireuen menjadi juara ke 2 tingkat nasional pada tahun 2018.

Ternyata salah satu guru masih menyimpan foto ini. Padahal sudah 2 tahun yang lalu. Tadi dikirim balik. Karena sebelumnya istri saya juga mengirim foto posisi tidur anak bungsu saya ini. Kenapa kadang-kadang saya tidur posisi begitu? Nah akan saya jawab jujur. Saat tidur seperti itu, saya bermimpi sedang sujud di suatu tempat yang tidak pernah saya kunjungi. Kenapa bisa mimpi begitu? Wallahu'lam bissawab. Pane ta tupu. Lon pih kon ulama atau ureung keramat, Cuma sigam gampong bangai dari juli. Kebetulan saja mungkin. Sekian...

Rizki Dasilva