Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mememukan Karakter Anak dalam Belajar Memanah


Oleh: Teuku Hendri Saifullah

Membentuk karakter yang baik untuk anak adalah sebuah usaha yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan fisik serta jiwa anak. Orang tua hendaknya harus memahami dan mengerti cara menentukan langkah dan cara melatih serta menemukan karakter buah hatinya.

Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua. Pada tulisan singkat ini penulis memberikan salah satu cara yaitu dengan latihan memanah, yang alatnya disebut panah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata panah artinya senjata berupa tongkat kecil runcing, panjang, berbulu pada pangkalnya dan tajam pada ujungnya, dilepaskan dengan busur. Sedangkan panahan adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Adapun orang yang melakukannya disebut pemanah.

Banyak nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan memanah diantaranya adalah

1. Konsentrasi
Konsentrasi adalah pemusatan perhatian demi mencapai sebuah keinginan. Seorang pemanah anak berkonsentasi agak anak panah yang akan dilepaskan benar-benar akan menancap pada sasaran yang telah ditentukan.

Hal ini mengisyaratkan bahwa suatu pekerjaan yang baik haruslah dilakukan dengan penuh konsentrasi dengan penuh perhatian sehingga kita tidak akan memperdulikan berbagai tanggapan miring orang lain yang menginginkan kita untuk gagal dengan mengganggu konsentasi.

Pemusatan pikiran melaluo konsentrasi akan memudahkan anak dalam mencapai tujuannya. Terlebih pada zaman sekarang, peralatan teknologi yang semakin canggih. Sebagian anak sudah tertarik pada berbagai permainan yang terdapat pada hp/laptop dan alat canggih lainnya. Yang jika tidak diawasi atau dikontrol pada akhirnya anak tersebut tidak tertarik lagi untuk belajar.

2. Ketenangan
Pemanah yang hebat akan tetap tenang dalam membidik sasarannya. Sehingga kecil kemungkinan akan meleset. Berbeda halnya dengan pemanah yang tidak tenang seperti tangan yang bergemetaran hasilnya anak panah tidak tertancap pada sasarannya dengan baik. Oleh karenanya, Dalam panahan, ketenangan adalah hal yang sangat dibutuhkan.

Makna yang terkandung pada ketenangan dalam belajar memanah adalah anak harusnya tetap menjadi pribadi yang tenang, tidak mudah panik dalam menghadapi berbagai macam masalah.

Pribadi yang tenang akan memiliki kesempatan untuk berpikir lebih tenang. Semua tindakan yang akan dilakukan akan memperhatikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Apakah berdampak baik atau buruk bagi dirinya dan orang lainnya.

3. Kekuatan
Sungguhpun konsentrasi dan ketenangan perlu dimiliki oleh pemanah. Tetapi yang juga sangat perlu adalah kekuatan. Kekuatan dalam menarik tali busur panah agar anak panah yang akan dilepaskan akan melesat lebih jauh dan cepat mengenai sasaran. Bandingkan saja jika pemanah yang tidak kuat maka bisa jadi target yang telah ditentukan tidak tercapai.

Secara umum kekuatan memiliki dua dimensi yaitu kuat fisik dan kuat mental. Setiap anak harus dibekali makanan yang bergizi yang tentunya halal. Karena ini akan membentuk tubuh yang sehat dan fisik yang kuat. Kemudian kekuatan mental dapat dibentuk dengan memngajarkan nilai spiritual atau ajaran agama Islam kepada anak serta motivasi hidup mereka sehingga akan terbentuk jiwa yang kuat dan berakhlak baik.

Kedua kekuatan ini jika disatukan akan menjadi sebuah kekuatan besar. Sehingga mendorong anak untuk tetap percaya diri serta semangat dalam berbuat kebaikan

Oleh karenanya latihan memanah sangatlah perlu sejak dini kita perkenalkan kepada anak-anak. dengan tujuan dan hikmah yang akan diperoleh oleh anak dan orang tua.

Panahan adalah Olahraga Sunnah Nabi

Panahan adalah salah satu olahraga yang masuk dalam anjuran Baginda Nabi Besar Muhammad Sallallahu Alaihi Wassalam. Hal ini makin dikuatkan dari beberapa hadis Rasul yang menyebutkan soal memanah.

”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda di atas mimbar:
“Persiapkanlah semua kekuatan yang kalian miliki. Ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” (Sahih Muslim Hadith No. 1917)

SDIT Muhammadiyah Manggeng ajarkan seluruh siswanya Memanah

Alhamdulillah sekolah SDIT Muhammadiyah Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya memiliki program ektrakulikuler yaitu "Latihan Memanah". Semua siswa akan diberikan kesempatan untuk latihan memanah. Kegiatan ini dilatih oleh Bapak Anhar, S.Pd.

Semua kegiatan ini bertujuan melatih dan menemukan karakter anak serta menumbuhkan rasa bangga anak-anak selaku seorang muslim untuk belajar olah raga memanah karena termasuk ke dalam sunnah yang pernah dilakukan oleh Rasulullah saw.

Mari Mendaftar jadi siswa SDIT Muhammadiyah Manggeng

Oleh karena kami mengajak Bapak/Ibu, Ayah/Bunda untuk mendaftaran anaknya untuk sekolah ke SDIT Muhammadiyah Manggeng Tahun ajaran 2021-2022. Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh buah hatinya dan juga orang tua.

Pendidikan yang berintegrasi dengan Al-Quran dan Sunnah dalah sebuah modal besar bagi sebuah keluarga muslim yang menginginkan buah hatinya menjadi pribadi shaleh dan shalehah dan mencintai Al-quran.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi
Contac person (085362385093) (081362582332)