Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Protan (Program Tahunan) Pada Kurikulum Merdeka

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat SekolahMu, pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Download Protan (Program Tahunan) Pada Kurikulum Merdeka.

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (Tujuan Pembelajaran/Capaian Pembelajaran/SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.

Manfaat Program Tahunan

Manfaat progam tahunan (Prota) bagi guru dan sekolah adalah untuk mempermudah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah; 1. untuk mempermudah guru dalam penyampaian materi yang akan disampaikan sesuai dengan JP (Jam Pelajaran) yang telah dibuat. 2. Untuk mengorganisir pembelajaran agar bisa berjalan maksimal nantinya. 3 Sebagai pedoman untuk menyusun program-program selanjutnya, seperti program harian, program mingguan dan promes atau Program Semester.

Format Program Tahunan Kurikulum Merdeka
(Format ini hanya sekedar contoh saja, guru memiliki kemerdekaan untuk berkreasi terkait bentuk format program tahunan)
Catatan: 
-Substansi/Materi Esensial diperoleh dari Uraian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
-Projek Profil Pancasila dilaksanakan minimal 2 kali dalam 1 tahun bagi jenjang SD, dan minimal 3 kali dalam 1 tahun bagi jenjang SMP-SMA-SMK. Waktu pelaksanaan disesuaikan dengan kalender pendidikan sekolah.

Download Format Program Tahunan (Unduh disini)

Terima kasih sudah berkunjung ke Web SekolahMuApabila artikel ini bermanfaat Download Protan (Program Tahunan) Pada Kurikulum Merdeka, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.