Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Kegiatan Amal SDIT Muhammadiyah Manggeng Meriahkan Acara Buka Puasa Bersama


Sabtu (1/5/2021), bertepatan dengan 19 Ramadhan 1442 H, SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya mengadakan acara buka puasa bersama di Mesjid At-Taqwa Manggeng yang berada dilingkungan sekolah tersebut. Acara buka bersama dihadiri oleh siswa siswi SDIT Muhammadiyah Manggeng beserta wali murid dan anggota keluarga, serta beberapa tamu undangan dan anak yatim. Acara ini dilaksanakan setelah 2 minggu siswa-siswi aktif sekolah di bulan Ramadhan.

Selain acara buka bersama serangkaian kegiatan lainpun di adakan bersamaan pada sore sabtu tersebut. Seluruh siswa ikut serta dalam melaksanakan beberapa kegiatan amal menjelang acara buka bersama, Acara dimulai dengan kegiatan "SDIT Muhammadiyah Manggeng Peduli" para siswa didampingi oleh ustazahnya mengunjungi rumah pak Masriwan (46) di Desa Tokoh Kecamatan Manggeng yang merupakan keluarga kurang mampu.

Pak masriwan tinggal dirumah tak layak huni bersama 5 anggota keluarganya. Rumah berukuran 4x6 itu dikelilingi oleh dinding papan yang sudah sangat lapuk, terlihat semua peralatan rumah tangga dan dapur berada dalam satu petak rumah tersebut. Dirumah tersebut pak masriwan tinggal bersama istri dan anaknya serta ibu mertuanya. Istrinya Nurhayati (37) dan tiga anaknya, Malawati (11), Maulidan (7) dan Muhammad Zian (1).



Kepada siswa siswi SDIT Muhammadiyah Manggeng pak Masriwan bercerita bahwa beliau selama ini mengidap penyakit saraf terjepit yang membuat beliau tidak dapat berdiri bahkan untuk duduk bersila. Keadaan ini sudah dideritanya selama 1 tahun lebih, baru sekita 3 bulan ini beliau kembali dapat berjalan tertatih-tatih. Sebagai satu-satunya tulang punggung keluarga, sebelumnya beliau bekerja sebagai perabot/pengrajin peralatan rumah tangga. Namun karna penyakit yang dideritanya saat ini, sebagai kepala keluarga beliau mengaku tidak ada yang dapat menggantikan beliau mencari nafkah. Selama menderita sakit, beliau hanya bergantung pada tabungan dan beberapa harta yang dijual untuk membiayai pengobatannya dan menafkahi keluarganya. Sang istri yang juga mengalami gangguan pendengaran tidak dapat membantu selain mengurus beliau dan keluarga.

Kegiatan lain yang juga dilakukan siswa siswi SDIT Muhammadiyah Manggeng pada sore itu menjelang acara buka bersama adalah pembagian takjil di Puskesmas Manggeng. Sebanyak 20 kotak takjil dibagikan langsung oleh siswa siswi SDIT yang juga didampingi oleh ustazahnya. Pembagian takjil ini di berikan kepada para pasien dan keluarganya beserta petugas kesehatan di lingkungan puskesmas tersebut, selain itu pembagian takjil juga diberikan kepada beberapa penjual dipinggir jalan.




Setelah melakukan beberapa kegiatan amal diluar, menjelang buka bersama siswa siswi beserta keluarganya yang sudah berkumpul di mesjid At-Taqwa Manggeng kembali memberikan santunan anak yatim kepada 8 orang anak yatim yang diundang untuk ikut acara buka bersama.


Selain beberapa kegiatan amal tersebut, kegiatan lain yang dilakukan adalah pembagian hadiah kepada siswa yang mencapai target hafalan Al-quran selama ramadhan. Pembagian hadian ini diberikan untuk mengapresiasi siswa atas pencapaian target mereka.



Rangkaian kegiatan ditutup dengan buka bersama dan shalat magrib berjamaah.




Kegiatan buka bersama yang sukses digelar diharapkan dapat meningkatkan keakraban antar wali murid, guru dan keluarga besar SDIT Muhammadiyah Manggeng. (NADIA FEBRIANTI)