Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melejitkan Daya Saing Sekolah Muhammadiyah

MELEJITKAN DAYA SAING SEKOLAH MUHAMMADIYAH

Penulis : Dr. Muhtadin Tyas
(Lulusan Terbaik Program Doktor UMJ Tahun 2022)

Muhammadiyah sejak awal berdiri, antara lain telah melakukan " reformulasi ajaran dan pendidikan Islam". Kyai Haji Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah dan penggagas pendidikan mengawali kiprahnya ketika mendirikan Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah yang berdiri pada tanggal 1 Desember 1911. Sekolah ini adalah menjadi pelopor kelanjutan dari sekolah yang dikembangkan secara informal memberikan pelajaran ilmu agama Islam dan pengetahuan umum di beranda rumahnya.

Muhammadiyah sejak berdirinya pada 18 Nopember 1912 telah menyelenggarakan pendidikan terbuka untuk semua (education for all). Diantara fungsi sekolah adalah sebagai pendidikan, dakwah Islam amar ma'ruf nahi munkar dan perkaderan.

Sekolah Muhammadiyah diseluruh penjuru tanah air semakin maju dab berkembang Diantara ribuan sekolah Muhammadiyah itu, saya menemukan salah satu sekolah terbaik yang dimiliki Muhammadiyah. Saya melakukan riset di sekolah ini sebagai salah satu persyaratan lulus program doktor. Dengan kerja keras dan bersungguh-sungguh saya menjadi lulusan terbaik program doktor tahun 2022.

Mohon do'anya untuk dapat menyelesaikan naskah buku yang berjudul "Melejitkan Daya Saing Sekolah Muhammadiyah". Semoga menjadi salah satu referensi bacaan yang bergizi dan menjadi motivasi serta inspirasi dalam membangun peradaban melalui pendidikan.

Salam
#daisen for education