Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

dr. Athaillah A. Latief, Sp.OG, Peraih Maarif Award 2022, Sosok Rendah Hati dan Dermawan

Kepribadiannya menjadi teladan bagi saya dan bahkan bagi orang lain yang mengenalnya. Seorang dokter yang konon dalam penilaian orang ia punya banyak harta, tetapi ia menunjukkan kesederhanaan yang luar biasa. Ia infaqkan hampir semua harta bendanya dan bahkan tabungan keluarganya untuk kemaslahatan orang banyak.

Ketaatannya dalam ibadah dan jiwanya yang besar dan tulus dalam membantu orang lain membuat hati ini sangat mengaguminya.

Cita-citanya yang besar dalam dakwah melalui jalur pendidikan telah berhasil menciptakan sebuah lingkungan pendidikan terpadu yang lengkap untuk generasi bangsa ini, dari TKIT, SDIT, SMPIT, SMAIT, Sekolah Luar Biasa (SLB), Boarding School dan bahkan tahun 2022 ini ia telah berhasil menghadirkan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) di Kabupaten Bireuen.

Terharu, saat saya melihat beliau menjadi salah satu penerima anugrah MA'ARIF AWARDS Tahun 2022. Sebuah Awards yang sangat bergengsi yang diselenggarakan oleh Maarif Institute.

Kita tahu bahwa proses pemilihan kandidat sebuah penerima anugerah pasti tidak  berlangsung singkat. Tentunya ada proses penjaringan yang cukup panjang yang harus dilalui, dari  proses persidangan dan investigasi yang ketat, serta proses secara empirik di lapangan/daerah oleh penyelengara  untuk memastikan kelayakan para kandidat yang akan dipilih untuk menerima anugrah.

Qadarullah, beliau dinilai sebagai sosok yang mencerminkan pemikiran Buya Syafii tentang kemanusiaan, keindonesiaan, dan kebinekaan.

Beliau masuk dalam kategori yang dinilai sebagai sosok yang dianggap berkontribusi terhadap isu-isu kemanusiaan, kelompok marjinal, minoritas, toleransi, dan penguatan kapasitas kepemimpinan lokal. Sosok yang dinilai menjadi pelopor dan penggerak yang memiliki pemikiran inklusif dan aksi kemanusiaan seperti perjuangan Buya Syafii Maarif.

Ustadz. Terima kasih telah membimbing kami, menjadi inspirasi dan contoh teladan bagi kami Kepala Sekolah,  Rizky Juli, Abbah Ahmad Enmu, Sarah Savana, Hanief Khan Pulo Ara  untuk menjadi pemuda-pemudi yang berdakwah memimpin satuan pendidikan untuk menghasilkan generasi calon-calon pemimpin bangsa ini.

Selamat ustadz, Anda layak menerima penghargaan ini. 

Istiarsyah
Kepala SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen