Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Apa Kuliah?

Buat Apa Kuliah?


Setelah menikmati holiday beberapa hari di kuala lumpur bersama keluarga, saat saya kembali ke mode awal. Iya sebagai mahasiswa dari indonesia yang bermimpi jadi doktor di malaysia.

Banyak yang tanyak, buat apa kuliah? tidak punya jabatan di kampus, bukan dekan, bukan juga kepala dinas, tidak ber-esselon, hanya guru SD di sekolah swasta muhammadiyah di Bireuen. SDIT Muhammadiyah Bireuen. 

Ada juga yang bertanyak? Nyoe droen aleuh S3, Pu ES lom? es teller, es bandong, pu es cendol? Saya senyum aja, saya gak bermaksud cari titel. Apalah titel itu, gampang, jaman edan ini, skripsi, tesis dan disertasi asal banyak duit bisa orang buat. Lahirlah sarjana, master, doktor yang punya banyak gaya tapi kualitas rendah. 

Saya punya tujuan tersendiri. Alasannya sederhana, saya ingin mengamalkan ayat Al-quran "fantasyiru fil ardh" berjalan lebih jauh, saya ingin belajar kepada banyak orang, saya ingin punya banyak pengalaman, punya teman antar negara. 

Silaturrahmi selalu mendatangkan keberkahan hidup. Kuliah S3 itu hanya jalan untuk mendapatkan semua di atas. Kalaupun InsyaAllah suatu saat di beri titel DOKTOR atau P.hd panggil saja saya rizki juli. Biar kata "DR" tertulis di ijazah saja, dan sebagai motivasi buat anak saya kelak, bisa kuliah keluar negeri.

Rizki Dasilva