Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Orang Jepang Tidak Suka Kepo Dengan Kehidupan Orang Lain


Orang Jepang Tidak Kepo. Sekilas orang jepang nampak cuek. Tidak banyak bicara. Tapi kalau di minta bantu mereka seperti merasa bersalah bila tidak bisa membantu. Hal ini saya rasakan Selama beberapa hari dijepang. Beberapa teman di jepang juga sempat saya tanyakan soal ini.

Ternyata Orang jepang memang tidak suka kepo dengan kehidupan orang lain. Mereka sibuk ngurusin kemajuan kebidupannya sendiri. batas sosial privasi orang lain amat sangat dijaga.

Memang ciri-ciri negara maju, masyarakatnya mulai disiplin, kerja keras dan visioner. Jepang salah satu negara maju tidak sempat ngurumpi, ghibah dan ngurusin kehidupan orang. Mereka sibuk kerja. Beda sangat dengan negara yang maaih berkembang. Masyarakatnya sibuk duduk di warung kopi seharian ngobrol yang tidak bermanfaat. Hal ini harus di perbaiki.

Walau begitu pengalaman saya, bila kita minta bantuan mereka sangat ramah, peduli dan kayaknya merasa bersalah bila tidak bisa bantu kita. Beberapa kali di stasiun bila transfer kereta atau gak tau arah keluar stasiun, orang-orang jepang akan mangantar kita sampai ke lokasi. Baik yang muda atau tua. Sikap ini membuat saya terkesima.

Sepertinya saatnya kita orang-orang indonesia yang suka ngurumpi, gosipin orang, ngerasa paling benar, ingin jadi sutradara di kehidupan orang udah saatnya kita pensiun atau berhentu dengan sikap kayak gini. Kita harus peduli tapi tidak sibuk dengan privasi kehidupan orang lain.  

Rizki Dasilva