Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadiah Menumbuhkan Semangat dan Imajinasi Anak

Hadiah Menumbuhkan Semangat dan Imajinasi Anak

Oleh: Teuku Hendri Saifullah 

"Assalamuakum Pak. Apakah siswa kami masih bisa ikut lomba mewarnai? Karena ada 2 siswa kami yang belum sempat mendaftar dan sekarang anak sudah datang dan mau ikut lomba. Bagaimana pak?" tanya salah seorang guru TK kepada saya. Kebetulan saya sedang berada di lokasi sekalian juga mengantar anak untuk ikut lomba. Kemudian saya jawab: "waalaikum salam buk. Mengenai pendaftaran akan saya tanya sama panitia lomba dulu. Tunggu sebentar buk ya". Setelah mendapat jawaban dari panitia saya katakan pada guru pendamping tersebut "Alhamdulillah masih bisa buk. Silahkan ibu hubungi panitia." dan dijawab " iya pak, terimakasih banyak" saya jawab: "iya sama-sama"

Demikian sedikit kehebohan yang berlangsung pada suatu pagi sekitar jam 8.30 pada hari sabtu tanggal 20 Maret 2021. Hari berlangsungnya lomba mewarnai siswa TK se-kecamatan Manggeng dan lembah Sabil yang diadakan di SDIT Muhammadiyah Manggeng. Kehebohan dan kebahagiaan nampak pada seluruh wajah peserta lomba.

Walau demikian ada juga ada anak yang menangis karena perlengkapan mewarnai yang belum lengkap seperti meja kecil. Karena orang tuanya lupa mempersiapkannya dari rumah. Sehingga dengan segera dibeli oleh orang tuanya. Hehe.. namanya juga anak-anak.. akan sedih bahkan sampai menangis.. jika apa yang mereka harapkan tidak tersedia.

Antusias orang tua dan guru untuk mendaftarkan siswa dan anaknya untuk mengikuti lomba sangatlah tinggi hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah pendaftar yang seluruhnya berjumlah 113 peserta. Semuanya mengikuti lomba dengan penuh semangat,

Melatih Imajinasi dengan aneka lomba
SDIT Muhammadiyah Manggeng mengadakan lomba mewarnai ini salah satunya bertujuan melatih imajinasi anak dalam memilih dan menentukan warna dalam sebuah gambar.

Imajinasi dan anak adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Imajinasi adalah anugerah Allah yang istimewa. Allah swt hanya mengharuskannya kepada makhluk yang mulia yaitu manusia. Imajinasi merupakan nafasnya kreatifitas. Bisa kita katakan tidak ada daya kreatifitas tanpa imajinasi.

Anak dengan imajinasi tinggi diketahui lebih cepat memecahkan masalah dan berani menghadapi tantangan. Orang kreatif gemar memanjakan imajinasinya. Kekuatan imajinasi memberikan bahan untuk terciptanya proses kreatif dan hasil yang inovatif. Sehingga lomba mewarnai ini sangat tepat diikuti oleh anak-anak dalam mengasah imajinasi mereka.

Disamping itu anak juga akan semakin giat jika hasil imajinasi atau produk kerjanya dihargai dengan cara diberikan hadiah. Atau hanya sekedar hadiah hiburan. Sehingga anak tidak akan merasa takut jika hasil karyanya tidak mendapat juara. Karena tetap akan mendapat penghargaan atau hadiah.

Hadiah sebagai pendorong lahirnya semangat
Hadiah dalam sebuah lomba adalah sangatlah memiliki arti yang penting dan berpengaruh bagi diri anak yang mengikuti lomba tersebut. Sebuah semangat akan semakin meningkat jika mereka tau bahwa lomba yang diikuti ada hadiahnya. Segala daya dan kemampuan akan dikerahkan untuk mendapatkannya.

Memberikan hadiah juga termasuk anjuran dalam agama Islam. Sebagaimana pernah dilakukan oleh Nabi kita Muhammad saw. Seperti dikutip oleh Jamal Abdurrahman dalam bukunya yang diterjemahkan oleh Bahrun Abu Bakar yang berjudul "Tahapan Mendidik Anak", mengisahkan bahwa pernah pada suatu hari Rasulullah membariskan Abdullah, Ubaidillah dan anak pamannya yaitu Al-abbas dalam suatu barisan. Kemudian Rasul berkata: "Barang siapa paling dulu sampai kepadaku. Maka dia akan mendapatkan anu dan anu." Merekapun berlomba lari menuju ketempat Nabi berada. Setelah mereka sampai kepadanya. Maka ada yang memeluk punggung nabi, dan ada pula yang memeluk dadanya dan Nabi menciumi mereka semua serta menepati janjinya kepada mereka.

Sebuah teladan yang baik dari rasul kepada kita bagaimana cara kita memberikan semangat kepada anak-anak. Memberikan hadiah kepada anak atas prestasi yabg telah dilakukan anak adalah suatu yang dinantikan dan diharapkan.

Aneka kegiatan lomba SDIT Muhammadiyah Manggeng
Sejak dari awal pendiriannya pada tahun 2019, sekolah ini melakukan berbagai kegiatan lomba demi mengasah kemampuan dan bakat peserta didiknya. inilah yang terus dilakukan oleh sekolah SDIT Muhammadiyah Manggeng Aceh Barat Daya.

Banyak kegiatan lomba yang dilakukan sekolah ini demi menggali potensi, bakat serta semangat siswa seperti lomba Tahfidzul Quran, lomba Tahfidzul Hadis, Lomba Rangking 1, Lomba Muhadharah, latihan memanah, lomba berlari dan lomba-lomba lainnya. Termasuk lomba mewarnai yang baru saja diadakan ini
Kegiatan yang juga mengikut sertakan siswa TK dan SDIT. Sehingga anak sejak sedari dini sudah kita bimbing agar mereka memiliki semangat dalam belajar dan berkarya.

Semangat juga dapat timbul dari ucapan pujian atau penghargaan guru/ustazah kepada siswanya

Tidak zamannya lagi jika sekarang sekolah hanya menuntut kualitas dari siswanya sedangkan sekolah tidak pernah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada siswanya diantaranya berbentuk hadiah atau ucapan penghargaan.

Salah satu contoh ungkapan penghargaan adalah dengan ucapan: "ustazah sangat senang, kakak/abang sekarang sudah banyak hafalannya", atau "abang/kakak hebat, sudah semangat menghafal". Bisa juga dengan mengatakan "tetap semangat belajar menghafal ya, semoga kakak/abang nanti menjadi hafiz quran"

Ucapan-ucapan inilah yang bisa membuat mereka menjadi semangat dan bisa jadi akan diceritakan kepada orang tuanya di rumah.

SDIT Muhammadiyah Manggeng sangat fokus dalam menjalin komunikasi antar guru/ustazah dengan orang tua siswa. Setiap Hari ustazah melaporkan perkembangan belajar siswa yang ditulis di buku komunikasi. Begitu juga orang tua juga melaporkan kegiatan anaknya kepada guru pada buku komunikasi tersebut.

Alhamdulillah sampai saat ini SDIT Muhammadiyah Manggeng terus berusaha dalam meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Semangat yang didasari hanya mengharap ridha Allah. Dan menjadi usaha bersama ustazah dan orang tua. Dalam membentuk generasi yang shaleh dan shalehah. Amin ya Rabbal Alamin.