Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Memanah, Salah Satu Ekstrakurikuler Populer Di SDIT Muhammadiyah Bireuen



Hidup ini seperti memanah. Tarik anak panah sekuat kuatnya.fokus Sehingga mengenai sasaran. Kita butuh latihan, mustahil akan menjadi pemanah hebat, tanpa latihan dan terbiasa dengan kegagalan.

Butuh kerja keras, tantangan, pengorbanan, kehati-hatian dan kesabaran. Jalan Sukses penuh dengan tantangan dan cobaan.

Tetap fokus pada tujuan. Ini filosofi memanah. Bila anda takut dan dihantui oleh runcingnya anak panah, maka dr awal tak perlu memanah.

Fokus memperbaiki diri. Jauh, lebih penting daripada memperbaiki orang. mintalah nasehat dan senang di nasehati. Bila dikritik tak perlu marah, apalagi membalas. ucapkan terima kasih. Bahwa banyak orang didunia masih peduli dengan kita.

Pasukan Khusus Memanah Dan Kejayaan

Dua tahun terakhir saya memang sangat fokus untuk meningkatkan kemampuan memanah siswa SD IT Muhammadiyah Bireuen-Aceh. Saat sangat tertarik dengan olahraga yang satu ini. Bahkan beberapa bulan yang lalu saya mengikuti latihan bersama siswa. Sebenarnya saya penasaran apa manfaat olahraga memanah ini.

1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan.

2. Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari.

3. Membangun kekuatan tubuh.

4. Meningkatkan kesabaran.

5. Meningkatkan fokus.

6. Membangun kepercayaan diri.

7. Merupakan olahraga sosial.

8. Merupakan bentuk latihan kebugaran.

9. Merelaksasi tubuh.

10. Merupakan olahraga yang dapat dimainkan semua orang.


Rasulllah Saw bersabda : Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)

MEMANAH, adalah kegiatan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sangat jelas, memanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam.

Pada masa Rasulullah dan khulafaur rasyidin, panah dan memanah menjadi sarana penting untuk berperang. Keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum Muslimin dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang. Rasulullah Saw bahkan mempersiapkan pasukan khusus memanah. Mungkin kalau di Indonesia kopassus atau densus 88.

Maka saat ini saya juga mempersiapkan pasukan khusus memanah sejak dini. Bukan hanya sekedar hobi, tapi saya yakin Disetiap anjuran nabi pasti ada kejayaan.

Rizki Dasilva