Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Prioritas Melaksanakan Kurikulum Merdeka

Langkah Prioritas Melaksanakan Kurikulum Merdeka


Salam dan bahagia pembaca. Sahabat SekolahMu, pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Langkah Prioritas Melaksanakan Kurikulum Merdeka

Langkah Prioritas Melaksanakan Kurikulum Merdeka
Bapak/Ibu kepala Sekolah, berikut langkah prioritas dalam menyiapkan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah:
1. Menyiapkan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
Kurikulum operasional di satuan pendidikan memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Proses Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan pada sekolah penggerak adalah 1) Menganalisis konteks Karakteristik Satuan Pendidikan; 2) Merumuskan Visi Misi dan Tujuan; 3) Menentukan Pengorganisasian Pembelajaran; 4) Menyusun Rencana Pembelajaran, dan 5) Merancang Pendampingan, Evaluasi, dan Pengembangan. 
Downloah Contoh:
1.  KOSP SD (Unduh disini) 
2. KOSP SMP (Unduh disini) 
3. KOSP SD SMP SMA (Unduh disini)

2. Menyiapkan Alur Tujuan Pembelajaran
Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran. Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu. Langkah-langkah yang diperlukan dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran sbb: Bedah dokumen CP, Urai CP menjadi Kompetensi, dst-nya.
Contoh Produk Akhir ATP:
Download pptx Konsep Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) (Unduh disini)

3. Menyusun Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Setiap satuan Pendidikan dan pendidik akan menggunakan Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar yang berbeda, oleh karena itu untuk mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran, pendidik akan menggunakan kriteria yang berbeda baik dalam angka kuantitatif atau kualitatif sesuai dengan karakteristik :
  • Tujuan pembelajaran
  • Aktivitas pembelajaran
  • Asesmen yang dilaksanakan
Download pptx Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (Unduh disini)

4. Menyusun Modul Ajar
Modul ajar merupakan salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid. Adapun tujuan penyusunan atau pembuatan modul, antara lain: 1) Agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan pendidik (yang minimal). 2) Agar peran pendidik tidak terlalu dominan dan otoriter dalam kegiatan pembelajaran. 3) Melatih kejujuran peserta didik.

5. Menyiapkan Projek Profil Pancasila
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Prinsip Projek Profil Pelajar Pancasila: 
1. Holistik. Prinsip holistik akan dapat mengajarkan siswa untuk melihat segala permasalahan secara keseluruhan menjadi bagian yang utuh. 
2. Kontekstual. 
3. Berpusat pada Pelajar Pancasila. 
4. Eksploratif.

6. Sosialisasi Konsep Asesmen pada Kurikulum Merdeka
Prinsip Asesmen kurikulum merdeka menjadi acuan penyusunan asesmen dalam implementasi kurikulum. Panduan Pembelajaran dan Asesmen menjelaskan bahwa asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar peserta didik.

Terima kasih sudah berkunjung ke Web SekolahMuApabila artikel ini bermanfaat Langkah Prioritas Melaksanakan Kurikulum Merdeka, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.