Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PCI Muhammadiyah Aisyiyah Malaysia bersama Tim KKN Internasional dari 13 PTM Adakan Upacara HUT-RI Ke 77

 



Sekolahmu-Kuala Lumpur 14 Agustus 2022-  Berbeda dari perayaan kemerdekaan di Indonesia yang selalunya diadakan tepat di tanggal 17 agustus. Di Malaysia, pimpinan cabang istimewa (PCI) Muhammadiyah dan Aisyiyah mengadakan upacara bendera dan perlombaan dalam rangka peringatan kemerdekaan ke 77 pada hari minggu (14/8) di lapangan Voli kampus International Islamic University Malaysia (IIUM).  Acara ini merupakan kaloborasi antara PCIM-A Malaysia dengan tim KKN Internasional yang berasal dari 13 PTM yang juga didukung oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) cabang Malaysia.

Alasan penyelenggaran upacara tiga hari lebih awal dikarenakan faktor pekerjaan yang tidak mungkin ditinggalkan oleh banyak warga Muhamamdiyah dan Aisyiyah yang sebagian besarnya adalah pekerja migrant.   Assoc. Prof. Sonny Zulhuda selalu ketua PCIM Malaysia sekaligus dosen IIUM menjadi komando upacara sementara sambutan di isi oleh Bapak Rijal Al Huda, Koordinator Fungsi Konsuler, KBRI Kuala Lumpur,Malaysia.

“kemerdekaan itu menjadi lebih sulit, ketika kita diminta untuk mengisi kemerdekaan tersebut, mungkin ketika jelas musuh kita maka kita lebih mudah untuk bersatu,namun ketika kemerdekaan telah di raih, maka persatuan perlu di perjuangkan juga, Alhamdulillah meskipun kita jauh dari Indonesia namun kita masih mampu untuk bersatu, baik dalam persyarikatan Muhammadiyah maupun keluarga besar warga Indonesia di perantauan” ujar bapak Rijau Al Huda. dalam sambutannya juga, bapak Rijau Al Huda mengingatkan para peserta jika kemerdekaan hanyalah satu langkah awal dari proses panjang bernegara.

Sementara itu ketua PCIM Malaysia,  Assoc. Prof. Sonny Zulhuda sangat mengapresiasi kekompakan keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah Malaysia yang menurut selalu terjaga dan responsif. Menurut dosen fakultas hukum IIUM  Muhammadiyah turut mengisi kemerdekaan dengan aksi nyata.  Hal senada juga diungkapkan oleh Muladi,selaku ketua panitia acara KKN Internasional sekaligus pengurus majelis pendidikan PCIM Malaysia,” Alhamadulillah lancar dan sukses, warga persyarikatan Muhammadiyah memang sangat kompak”.

Selepas upacara yang berlangsung selama 45  menit itu , warga Muhammadiyah dan Aisyiyah bersama dengan IMM Malaysia serta tim KKN internasional dari 13 PTM kemudian mengadakan acara perlombaan dan makan bersama di sekitaran kampus IIUM di wilayah Gombak, Selangor,Malaysia.