Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip Asesmen Kurikulum Merdeka

 

Prinsip Asesmen Kurikulum Merdeka

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat SekolahMu, pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Prinsip Asesmen Kurikulum Merdeka

Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengolahan Asesmen Formatif dan Sumatif
Prinsip Asesmen:
  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, dan menyediakan informasi yang holistik sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua, agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. 
  2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar dan menentukan keputusan tentang langkah selanjutnya.
  4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai serta strategi tindak lanjutnya.
  5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Semoga Bermanfaat.


Terima kasih sudah berkunjung ke Web SekolahMuApabila artikel ini bermanfaat Prinsip Asesmen Kurikulum Merdeka, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.