Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Sosial yang Sangat Inspiratif Di Sekolah Islam Terpadu Muhammadiyah Bireuen, Aceh

Kegiatan Sosial yang Sangat Inspiratif Di Sekolah Islam Terpadu Muhammadiyah Bireuen, Aceh


Ada kegiatan menarik yang rutin salah satu sekolah swasta di Bireuen, Aceh. Kegiatan sosial ini beri nama Seduh (Sedekah Dhuafa). Kegiatan ini di galakkan oleh SDIT Muhammadiyah Bireuen. Bersama Guru dan siswa, sebelum shalat jumat bantuan sembako di salurkan untuk kaum dhufa sekitaran Masjid. Warga kecamatan peusangan.

Kegiatan ini hasil sumbangan dari walisiswa SD IT Muhammadiyah Bireuen. Kegiatan ini akan selalu tetap di pertahan oleh sekolah level nasional ini.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Ust Misbahuddin S.Pd. kepada gemarnews.com, mengatakan "Sembako ini kami kumpulkan dari orangtua siswa dan guru. Kegiatan ini sangat bermamfaat bagi siswa untuk mendidik karakter peduli dan peka terhadap saudara kita yang masih di garis kemiskinan ditambah lagi sulitnya mendapatkan pekerjaan". 

Rizki Dasilva S.Pd.I MAKepsek SDIT Muhammadiyah Bireuen juga turut berkomentar bahwa "Kami bahagia hari ini dan sangat berterima kasih Kepada orangtua siswa, yang sudah bersedia menyumbang banyak sembako, semoga berkah dan menjadi amal kebaikan di hari kiamat kelak"

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bireuen dr Athaillah A, Latief Sp. OG menyampaikan bahwa "Seduh adalah bagian dari gerakan Alma'un yang di digerakkan oleh Muhammadiyah dan Kyai Ahmad Dahlan. Muhammadiyah harus menjadi gerakan yang bisa mengembirakan kaum muslimin terutama saudara kita yang masih miskin dan dhuafa".

Disamping kegiatan sedekah dhuafa, ada juga kegiatan lain yang sangat menginspirasi yaitu Jemari (Jelajah Masjid Sehari) Dimana para siswa dan guru membersih masjid dipedalaman dan menyumbangkan alat kebersihan dan sajadah buat masjid tersebut.

Ada juga kegiatan Senasib(sedekah nasi bungkus) tiap hari jum`at. Ratusan nasi bungkus di berikan gratis buat jama`ah masjid. Kegiatan ini langsung melibatkan siswa sekolah dasar. kegiatan ini sangat menyentuh dan membuat terharu banyak jama`ah.

Beginilah seharusnya mendidik karakter anak. Bukan sekedar mendidik mereka dengan banyak teori. Tapi mereka harus langsung turun ke lapanan mempraktekkan kegiatan baik, semacam seduh, jemari dan senasib yang di praktekkan oleh SDIT Muhammadiyah Bireuen.