Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurikulum SDIT Muhammadiyah Bireuen TA 2022/2023 (KOSP SDIT MUHBIR)

 

Kurikulum SDIT Muhammadiyah Bireuen TA 2022/2023 (KOSP SDIT MUHBIR)


Pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang  DOWNLOAD KOSP Kurikulum Operasional SDIT Muhammadiyah Bireuen Aceh


Kurikulum operasional di satuan pendidikan memuat seluruh rencana proses belajar 
yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. 

Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU Sisdiknas/2003). 

Pemerintah pusat menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum yang menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan.

Komponen dalam kurikulum operasional ini disusun untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan satuan pendidikan. 

Dalam pengembangannya, dokumen ini juga merupakan hasil refleksi semua unsur pendidik di satuan pendidikan yang kemudian ditinjau secara berkala guna disesuaikan dengan dinamika perubahan dan kebutuhan peserta didik.

Prinsip Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

1. Berpusat pada peserta didik.

Yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik.

2. Kontekstual.

Menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik
berkebutuhan khusus (khusus SLB).


3. Esensial.

Yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.

4. Akuntabel.

Dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.

5. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. 

Pengembangan kurikulum satuan pendidikan melibatkan komite satuan
pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan, antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan
kewenangannya.

SDIT Muhammadiyah Bireuen merupakan salah satu model sekolah alternatif yang menerapkan pendekatam penyelenggaraaan memadukan pendiidkan umum dan pendidikan agama meanjadi satu jalinan kurikulum. SDIT Muhammadiyah Bireuen menggunakan prinsip Islamisasi, ini merupakan faktor dan kunci utama yang membedakan dengan sekolah islam terpadu lainnya dalam proses pembelajara, tujuan utama islamisasi adalah membentuk kesadaran dan pola pikir yang integral dalam perspektif islam.

SD IT Muhammadiyah Bireuen berdomisili pada daerah yang strategis di pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen pengembangan ekonomi dan wilayah pariwisata dengan keterjangkauan lokasi yang mudah ditempuh dengan sarana transportasi yang ada. Lingkungan sekolah pun berada dekat dengan sarana kesehatan, olahraga dan keagamaan sehingga menjadi salah satu kekuatan pendukung dalam proses pembelajaran.


Latar belakang peserta didik berada pada tingkat ekonomi menengah ke atas dengan sarana prasarana yang cukup memadai dalam mendukung proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Latar belakang keagamaan yang mayoritas bahkan hingga 100% adalah peserta didik beragama Islam. Selain itu, minat bakat peserta didik juga yang sangat beragam. Berdasarkan perbedaan latar belakang tersebut maka memperkuat alasan Profil Pelajar Pancasila mampu diimplemetasikan secara utuh di SD IT Muhammadiyah Bireuen dengan motto ”Shaleh, Mandiri dan Berprestasi”. Maka dalam penyusunan Kurikulum Operasional, karakteristik peserta didik dengan segala latar belakangnya menjadi satu pertimbangan utama agar menjadi pendidikan yang berkeadilan dalan kebhinekaan.

Berikut akan disajikan contoh Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Bireuen.


Terima kasih sudah berkunjung ke Web Sekolahmu. Apabila artikel ini bermanfaat “DOWNLOAD KOSP Kurikulum Operasional SDIT Muhammadiyah Bireuen Aceh, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.