Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Didi Suryadi: Mahasiswa Keperawatan Harus Mandiri dan Punya Skil, Tidak Tergantung Pada Pemerintah

 

Didi Suryadi: Mahasiswa Keperawatan Harus Mandiri dan Punya Skil, Tidak Tergantung Pada Pemerintah

(Bireuen-23/7/2023) Tokoh muda pengurus PPNI dan KNPI Bireuen Ns, Didi Suryadi S.Kep juga berprofesi perawat di Kabupaten Bireuen berharap mahasiswa yang sedang menimba ilmu di bidang keperawatan harus mandiri dan kreatif dan tidak tergantung pada lembaga pemerintah.

Pada Sekolahmu akrab disapa Didi noah menyampaikan beberapa pesan penting untuk mahasiswa keperawatan khususnya di Bireuen.

"Harus rajin menggali ilmu dan meningkatkan budaya literasi pada dirinya, karena ilmu keperawatan terus berkembang pesat. Banyak Ilmu Keperawatan yang harus di update oleh banyak mahasiswa bila ingin tidak tertinggal, bagi yang sudah D3 tidak berhenti di D3 tapi lanjut S1 hingga S2 dan seterusnya" Ungkap Didi

"Mahasiswa keperawatan juga harus aktif dalam masyarakat untuk mengaplikasikan nilai keperawatan, misal mengedukasi masyarakat dalam pencegahan penyakit, budaya mengkomsumsi makanan sehat, maka ilmu yang dimiliki di bangku kuliah bermanfaat" Sebut Korlop infokom PPNI Bireuen.

Keperawatan adalah salah satu profesi yang menantang dan bermanfaat di bidang kesehatan. Menjadi perawat, harus menempuh kuliah keperawatan di perguruan tinggi atau universitas yang terakreditasi. Kuliah keperawatan akan memberi Anda pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk merawat pasien dengan berbagai kondisi medis.

Didi Noah juga memberi info bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di bidang keperawatan. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai kuliah keperawatan, seperti:

Persyaratan masuk. 

Setiap institusi pendidikan memiliki persyaratan masuk yang berbeda untuk program keperawatan. Anda harus memenuhi persyaratan akademik, seperti nilai rata-rata tertentu, tes masuk, atau mata kuliah prasyarat. Anda juga harus memenuhi persyaratan non-akademik, seperti surat rekomendasi, esai, atau wawancara.

- Kurikulum. 

Kurikulum kuliah keperawatan biasanya terdiri dari teori dan praktik. Anda akan belajar tentang dasar-dasar keperawatan, seperti anatomi, fisiologi, farmakologi, patofisiologi, asuhan keperawatan, etika, dan hukum. Anda juga akan melakukan praktik klinik di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, di bawah bimbingan dosen atau perawat senior.

- Durasi. 

Durasi kuliah keperawatan bervariasi tergantung pada jenis program yang Anda pilih. Ada program diploma, sarjana, magister, dan doktor. Program diploma biasanya berlangsung selama 3 tahun, program sarjana 4 tahun, program magister 2 tahun, dan program doktor 3-4 tahun.

- Biaya. 

Biaya kuliah keperawatan juga bervariasi tergantung pada institusi pendidikan dan jenis program yang Anda pilih. Anda harus mempertimbangkan biaya pendaftaran, uang kuliah, buku, perlengkapan, transportasi, dan akomodasi. Anda dapat mencari beasiswa, pinjaman, atau bantuan keuangan lainnya untuk membantu Anda membayar biaya kuliah.

- Prospek karir. 

Lulusan kuliah keperawatan memiliki prospek karir yang cerah di bidang kesehatan. Anda dapat bekerja sebagai perawat di rumah sakit, klinik, puskesmas, panti jompo, sekolah, atau tempat lainnya. Anda juga dapat melanjutkan pendidikan Anda untuk menjadi perawat spesialis, pendidik keperawatan, peneliti keperawatan, atau administrator keperawatan.

"Kuliah keperawatan adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pelayanan kesehatan yang profesional dan humanis. Namun, Anda harus siap menghadapi tantangan dan tanggung jawab yang besar sebagai perawat. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai kuliah keperawatan" Tutup Ns Didi Suyadi S.Kep. (RD)