Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut cara Mudah dan Praktis Menemukan Type Gaya Belajar Siswa

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat SekolahMu, pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Berikut cara Mudah dan Praktis Menemukan Type Gaya Belajar Siswa. 

Dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada materi Pembelajaran Berdiferensiasi, untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu mengidentifikasi type gaya belajar siswa, sehingga guru dapat memberikan layanan pembelajaran secara maksimal. 

Untuk menemukan type gaya belajar siswa, guru perlu kuosioner yang dibagikan kepada siswa, lalu merekapnya dalam aplikasi sederhana. Untuk memudahkan kerja tersebut, guru dapat menggunakan fasilitas google formulir untuk melakukannya.
 
Langkah-langkah Melakukan Kegiatan Menemukan Type Gaya Belajar Siswa:

1. Membuat File Kuosioner Gaya Belajar
Guru dapat membuat kuosisoner gaya belajar sendiri atau menggunakan file kuosioner gaya belajar yang tersedia.

Tutorial Mengelola File Kuosioner Gaya Belajar yang dibagikan:

2. Membuat Header Goole Formulir Kuosioner
Agar kuosioner tampil menarik, guru BK/mapel perlu membuat header pada kuosioner penelusuran minat siswa. Header berupa KOPS surat sekolah.

Tutorial Membuat Header Goole Formulir Kuosioner

3. Installasi add-On AutoCrat
Agar kerja guru BK/mapel menghasilkan bukti kerja berupa dokumen pengisian kuosioner, perlu aplikasi tambahan add-on AutoCrat pada google spreadsheet hasil jawaban kuosioner google formulir.

Tutorial Installasi add-On AutoCrat


4. Mengelola File G-Document yang dibagikan menjadi File Output
Untuk menghasilkan dokumen pengisian kuosioner (pada langkah 3) perlu file google dokuments yang menampung semua jawaban google spreadsheet hasil jawaban kuosioner google formulir.

Tutorial Mengelola File G-Document yang dibagikan menjadi File Output

5. Setting G-Docs GSheet Kuosioner dengan Autocrat
Agar file google dokuments yang menampung semua jawaban google spreadsheet hasil jawaban kuosioner google formulir berfungsi dengan baik, perlu pengaturan yang menghubungkan google spreadsheet hasil jawaban kuosioner dengan file google dokuments.

Tutorial Setting G-Docs GSheet Kuosioner dengan Autocrat

6. Mengelola Google Spreadsheet Aplikasi yang dibagikan (Aplikasi Gaya Belajar Online)
Guru BK/mapel juga dapat membuat aplikasi gaya belajar online dari google spreadsheet, sehingga setelah selesai mengisi kuosioner siswa langsung dapat mengetahui langsung hasil type gaya belajarnya.
Guru BK/mapel juga dapat menggunakan aplikasi gaya belajar online yang tersedia.

Tutorial Mengelola Google Spreadsheet Aplikasi yang dibagikan (Aplikasi Gaya Belajar Online)

7. Setting G-Sheet dan Gsheet Aplikasi online dengan Autocrat
Agar file google spreadsheet aplikasi online yang menampung semua jawaban google spreadsheet hasil jawaban kuosioner google formulir berfungsi dengan baik, perlu pengaturan yang menghubungkan google spreadsheet hasil jawaban kuosioner dengan file google spreadsheet aplikasi online.

Tutorial Setting G-Sheet dan Gsheet Aplikasi online dengan Autocrat

8. Share Kuosioner Gaya Belajar ke grup WA Siswa
Untuk memperoleh/menjaring data mentah type gaya belajar siswa, guru BK/mapel dengan menggunakan kuosioner online, maka link google formulir kuosioner gaya belajar perlu di share ke grup-grup WA siswa.

Tutorial Share Kuosioner Gaya Belajar ke grup WA Siswa

9. Download Hasil Kuosioner Gaya Belajar dan Mengelolanya pada Aplikasi Gaya Belajar Offline
Setelah data mentah menemukan type gaya belajar terkumpul, guru BK/mapel harus mendowload data tersebut kemudian memindahkan dengan cara Copy > Paste Spesial ke Aplikasi Offline Gaya Belajar Siswa. Aplikasi sederhana ini dapat dibuat oleh guru BK/mapel dengan Ms Excel

Tutorial Download Hasil Kuosioner Gaya Belajar dan Mengelolanya pada Aplikasi Gaya Belajar Offline

 Output Aplikasi Menemukan Type Gaya Belajar:
Hasil Type Gaya Belajar Individu
Rekap Type Gaya Belajar Kelas

Cukup Mudah, Praktis dan Hemat.


Semoga Bermanfaat

Terima kasih sudah berkunjung ke Web SekolahMuApabila artikel ini bermanfaat Berikut cara Mudah dan Praktis Menemukan Type Gaya Belajar Siswa , silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.