Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimensi Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka


Dimensi Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat SekolahMu, pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang Dimensi Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka.

Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila digunakan dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum Merdeka.

Bagi sekolah pelaksana Sekolah Penggerak atau Kurikulum Merdeka, wajib memiliki Dokumen Dimensi Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila yang akan digunakan saat mendesain dan melaksanakan Projek Profil Pancasila.

Profil pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional. Profil pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Profil pelajar Pancasila harus dapat dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan karena perannya yang penting. Profil ini perlu sederhana dan mudah diingat dan dijalankan baik oleh pendidik maupun oleh pelajar agar dapat dihidupkan dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan pertimbangan tersebut, profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila:


Download File (Unduh disini)

Terima kasih sudah berkunjung ke Web SekolahMuApabila artikel ini bermanfaat Dimensi Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.